PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN
Proses pengambilan keputusan pembelian ada lima tahap yaitu
pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, pengevaluasian alternatif,
keputusan pembelian, dan perilaku setelah pembelian
Tetapi pada faktanya banyak orang melakukan suatu pembelian dengan
pandangan dari masing individu terhadap suatu produk yang di nilai baik.
A. PENGENALAN KEBUTUHAN
Proses membeli berawali dari adanya suatu kebutuhan. Kebutuhan yang
timbul karena adanya perbedaan antara keadaan yang sesungguhnya dengan
keadaan yang diinginkan. Kebutuhan adalah kekuatan salah satu bagian
dari otak untuk mengatur dan mangarahkan perilaku, akal dan tubuh agar
dapat mempertahankan keadaan terbaik organisme itu. Pengenalan
kebutuhan pada dasarnya tergantung pada banyaknya ketidaksesuain antara
keadaan aktual dengan keadaan yang diinginkan. Jka ketidaksesuaian
melebihi tingkat atau ambang tertentu kebutuhanpun akan dikenali.
B. PENCARIAN INFORMASI
Individu yang mulai menentukan kebutuhannya biasanya di ikuti dengan
proses pencarian informasi yang muncul dari rasa ingin lebih tau tentang
apa yang ia butuhkan,dengan mencari sumber – sumber yang akurat . dari
satu sember ke sumber yang lainnya sehingga muncul rasa percaya diri
yang kuat untuk dapat mewujudkan apa yang ia inginni,dan bila situasi
tidak atau belum memungkinkan kiranya individu tersebut harus menimpan
dahulu ambisinya hingga saat dimana ia bisa mendapatkannya nanti.
Dalam pencarian informasi konsumen dapat memperoleh dari:
a. Sumber internal berkaitan dengan adanya pengalaman yang berhubungan dengan situasi pembelian
b. Sumber eksternal berkaitan dengan adanya berbagai informasi yang diperoleh mengenai manfaat dan biaya
Faktor-faktor yang Menentukan Pencarian Informasi:
a. Keterlibatan konsumen yang tinggi.
b. Pengetahuan produk yang rendah.
c. Tersedia banyak waktu/ tidak ada tekanan waktu.
d. Harga produk mahal.
e. Terdapat perbedaan produk.
C. PENGEVALUASIAN ALTERNATIF
Misalkan individu mendapat informasi dengan berbagai merek dan harga
yang berfariasi,di pastikan hal ini akan mempengaruhi tingkat
alternative yang akan diambil oleh individu tersebut
D. KEPUTUSAN PEMBELIAN
Keputusan pembelian ini di ambil setelah individu mengevaluasi hasil
dari pertimbangan alternative yang sudah sekiranya memenuhi apa yang
dibutuhkan dengan situasi yang memungkinkan maka proses pembelian saat
itu dapat di wujudkan.
E. PERILAKU PASCA PEMBELIAN
Setelah pembelian dilakukan, konsumen akan selalu siaga terhadap
informasi yang mendukung keputusannya. Konsumen akan membandingkan
produk yang telah ia beli, dengan produk lain. Hal ini dikarenakan
konsumen mengalami ketidakcocokan dengan fasilitas-fasilitas tertentu
pada barang yang telah ia beli, atau mendengar keunggulan tentang merek
lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar