PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN
Proses pengambilan keputusan pembelian ada lima tahap yaitu 
pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, pengevaluasian alternatif, 
keputusan pembelian, dan perilaku setelah pembelian
Tetapi pada faktanya banyak orang melakukan suatu pembelian dengan 
pandangan dari masing individu terhadap suatu produk yang di nilai baik.
 A. PENGENALAN KEBUTUHAN
Proses  membeli berawali dari adanya suatu kebutuhan. Kebutuhan yang 
timbul  karena adanya perbedaan antara keadaan yang sesungguhnya dengan 
keadaan  yang diinginkan. Kebutuhan adalah kekuatan salah satu bagian 
dari otak  untuk mengatur dan mangarahkan perilaku, akal dan tubuh agar 
dapat  mempertahankan keadaan terbaik organisme itu. Pengenalan 
kebutuhan pada  dasarnya tergantung pada banyaknya ketidaksesuain antara
 keadaan aktual  dengan keadaan yang diinginkan. Jka ketidaksesuaian 
melebihi tingkat  atau ambang tertentu kebutuhanpun akan dikenali.
B. PENCARIAN INFORMASI
Individu yang mulai menentukan kebutuhannya biasanya di ikuti dengan 
proses pencarian informasi yang muncul dari rasa ingin lebih tau tentang
 apa yang ia butuhkan,dengan mencari sumber – sumber yang akurat . dari 
satu sember ke sumber yang lainnya sehingga muncul rasa percaya diri 
yang kuat untuk dapat mewujudkan apa yang ia inginni,dan bila situasi 
tidak atau belum memungkinkan kiranya individu tersebut harus menimpan 
dahulu ambisinya hingga saat dimana ia bisa mendapatkannya nanti.
Dalam pencarian informasi konsumen dapat memperoleh dari:
a. Sumber internal berkaitan dengan adanya pengalaman yang berhubungan dengan situasi pembelian
b. Sumber eksternal berkaitan dengan adanya berbagai informasi yang diperoleh mengenai manfaat dan biaya 
Faktor-faktor yang Menentukan Pencarian Informasi:
a.   Keterlibatan konsumen yang tinggi.
b.   Pengetahuan produk yang rendah.
c.   Tersedia banyak waktu/ tidak ada tekanan waktu.
d.   Harga produk mahal.
e.   Terdapat perbedaan produk.
C. PENGEVALUASIAN ALTERNATIF
Misalkan individu mendapat informasi dengan berbagai merek dan harga 
yang berfariasi,di pastikan hal ini akan mempengaruhi tingkat 
alternative yang akan diambil oleh individu tersebut
D. KEPUTUSAN PEMBELIAN
Keputusan pembelian ini di ambil setelah individu mengevaluasi hasil 
dari pertimbangan alternative yang sudah sekiranya memenuhi apa yang 
dibutuhkan dengan situasi yang memungkinkan maka proses pembelian saat 
itu dapat di wujudkan.
E. PERILAKU PASCA PEMBELIAN
Setelah pembelian dilakukan, konsumen akan selalu siaga terhadap 
informasi yang mendukung keputusannya. Konsumen akan membandingkan 
produk yang telah ia beli, dengan produk lain. Hal ini dikarenakan 
konsumen mengalami ketidakcocokan dengan fasilitas-fasilitas tertentu 
pada barang yang telah ia beli, atau mendengar keunggulan tentang merek 
lain.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar