Kamis, 19 April 2012

KEPEMIMPINAN


Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi dalam kerjasama yang dicontoh oleh pemimpin kepada anggotanya dalam upaya mencapai tujuan organisasi bersama. Kepemimpinan juga disimpulkan dari berbagai sudut pandang sebagaimana berikut, Kepemimpinan adalah seni untuk mempengaruhi dan menggerakkan orang – orang sedemikian rupa untuk memperoleh kepatuhan, kepercayaan, respek, dan kerjasama secara royal untuk menyelesaikan tugas – Field Manual 22-100, sedangkan menurut Ngalim Purwanto 1991:26 kepemimpinan adalah sekumpulan dari serangkaian kemampuan dari sifat-sifat kepribadian, termaksud didalamnya kewibawaan untuk dijadikan sebagai sarana dalam rangka meyakinkan yang dipimpin nya agar mereka mau dan dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan rela, penuh semangat, dan kegembiraan batin, serta merasa tidak terpaksa. Begitupula menurut, Young dalam Kartono, 2003 Pengertian Kepemimpinan yaitu bentuk dominasi yang didasari atas kemampuan pribadi yang sanggup mendorong atau mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu yang berdasarkan penerimaan oleh kelompoknya, dan memiliki keahlian khusus yang tepat bagi situasi yang khusus. Bersamaan dengan pendapat dari Sarros dan Butchatsky (1996), istilah ini dapat didefinisikan sebagai suatu perilaku dengan tujuan tertentu untuk mempengaruhi aktivitas para anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama yang dirancang untuk memberikan manfaat individu dan organisasi. Sedangkan menurut Anderson (1988), “leadership means using power to influence the thoughts and actions of others in such a way that achieve high performance.
Definisi diatas jelas bahwa kepemimpinan berperan dua dengan adanya subjek dan objek, yang dimaksud dengan pemimpin berjiwa besar dalam memimpin anggotannya dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan bersama dengan kerjasama, seorang pemimpin memiliki ciri-ciri bahwa pemimipin yang efektif mempunyai kharisma, pandangan ke depan, daya persuasi, dan intensitas. Kepemimpinan meliputi teori-teori yang gunanya untuk menjelaskan atau memaparkan tentang kepemimpinan secara lebih dalam dalam segi latar belakang, sebab-sebab, syarat-syarat dan tipe-tipe dari gaya kepemimpinan, Kartini Kartono, 1994: 27 berpendapat bahwa Teori kepemimpinan merupakan penggeneralisasian suatu seri perilakupemimpin dan konsep-konsep kepemimpinannya, dengan menonjolkan latarbelakang historis, sebab-sebab timbulnya kepemimpinan, persyaratanpemimpin, sifat utama pemimpin, tugas pokok dan fungsinya serta etikaprofesi kepemimpinan.

Teori-teori kepemimpinan itu sendiri, meliputi :
- Teori sifat
- Teori prilaku dan situasi
- Teori Kewibawaan Pemimpin
- Teori Kelompok
- Teori situasional :   - Model kontinuum Otokratik-Demokratik
                              - Model ” Interaksi Atasan-Bawahan”
                              - Model Situasional
                              - Model ” Jalan- Tujuan ”
                              - Model “Pimpinan-Peran serta Bawahan”
                              - Model kontingensi 

Typologi Kepemimpinan, meliputi:
- Tipologi Kepemimpinan Berdasarkan Kondisi Sosio Psikologis
- Tipologi Kepemimpinan Berdasar Kepribadian
- Tipologi Kepemimpinan Berdasar Gaya Kepemimpinan
- Tipologi Kepemimpinan Berdasar Peran Fungsi dan Perilaku

Gaya-gaya Kepemimpinan, meliputi:
- Gaya Kepemimpinan Demokratis
- Gaya Kepemimpinan Otoriter
- Gaya Kepemimpinan Partisipasif
- Gaya Kepemimpinan Kendali Bebas
- Gaya Kepemimpinan Moralis
- Gaya Kepemimpinan Diplomatis
- Gaya atau Perilaku Kepemimpinan Ahli (Expert)
- Gaya atau Perilaku Kepemimpinan Kharismatik
- Gaya atau Perilaku Kepemimpinan Paternalistik
- Gaya atau Perilaku Kepemimpinan Pengayom
- Gaya atau Perilaku Kepemimpinan Tranformasional

Tipe Kepemimpinan, meliputi:
- Tipe Otokratik
- Tipe Paternalistik
- Tipe Kharismatik
- Tipe Laissez Faire
- Tipe Demokratik

Kesimpulannya adalah kepemimpinan adalah kekuatan terbesar seorang pemimpin bukan dari kekuasaanya, bukan kecerdasannya, tapi dari kekuatan pribadinya. Seorang pemimpin sejati selalu bekerja keras memperbaiki dirinya sebelum sibuk memperbaiki orang lain. Pemimpin bukan sekedar gelar atau jabatan yang diberikan dari luar melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang. Kepemimpinan lahir dari proses internal (leadership from the inside out).

Refrensi sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar